Selasa, 10 Oktober 2023

KERAJAAN ALAM (BAGIAN 6)

Sepeninggalnya orang terkemuka di internal kerajaan, banyak spekulasi bermunculan, ada yang menilai karena menurunnya produktifitas yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan pengadaan inventaris kerajaan sudah sangat tinggi nilanya dan banyak yang terbengkalai. Ada pula yang menilai ingin berkarya diluar kerajaan karena kehendaknya.

Para abdi dalam banyak yang merasa kehilangan karena kedekatan mereka, sehingga ada yang berasumsi bahwa mereka telah diperjuangkan hak haknya sebagai abdi dalam, ada pula yang berasumsi bahwa mereka telah dihargai sebagai abdi dalam dan menganggap telah "memanusiakan manusia" dari kebiasaan sebelumnya.

Ketahuilah "Wahai para abdi dalam" ini bukan sekedar cerita tentang Robin Hood yang merampas harta orang orang kaya untuk dibagikan kepada orang orang miskin. Tetapi ini lebih dari "Sesuatu yang bukan hak kita" dan tidak layak menilai dari satu pihak. Karena Sang Maker telah mengeluarkan begitu banyak materi untuk semua itu dan tidak sebanding dengan apa yang diperolehnya.

Sang Maker berhak atas kebijakan yang telah dilakukannya. Dan memutuskan sesuatu dengan sangat bijak sesuai dengan norma norma yang berlaku di internal kerajaan.

Tidak ada komentar:

KERAJAAN ALAM (BAGIAN 6)

Sepeninggalnya orang terkemuka di internal kerajaan, banyak spekulasi bermunculan, ada yang menilai karena menurunnya produktifitas yang sig...